Nov 29, 2009

10 Bencana Teraneh Di Dunia

Menarik untuk di bahas.Kali ini world of mystery akan mengklsifikasi lagi yaitu sekarang tentang bencana teraneh di dunia

10. Amukan Gajah Hutan Chandka

Pada musim semi 1972, Area Hutan Chandka di India – yang sudah dilanda kekeringan- diserang gelombang bahang juga. Gajah lokal, yang biasanya tidak menjadi masalah, menjadi gelisah karena suhu yang tinggi dan kurangnya air. Pada musim panas situasi semakin buruk. Puncaknya pada 10 juli, Segerombolan gajah-gajah mengamuk dan menyerang 5 desa, meninggalkan kerusakan besar-besaran.


9. Peracunan Massal di Basra

Bulan September 1971 pengiriman 90,000 metrik ton biji gandum tiba di pelabuhan Irak Basra. Jewawut Amerika dan gandum meksiko- yang telah diproses secara kimia dengan methyl-mercury untuk mencegah pembusukan- disemprot pink untuk mengindikasi bahwa sangat beracun dan tulisan peringatan tercetak jelas di bungkusnya- Cuma dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Sebelum didistribusikan ke petani, ternyata sudah dicuri dari dok dan dijual sebagai makanan ke penduduk yang kelaparan. Pemerintah Irak, malu atas kealpaan ini, singkat cerita dan tidak sampai dua tahun wartawan Amerika melaporkan bukti 6,530 rumah sakit menangani kasus keracunan merkuri. Pejabat pemerintah mengakui 459 meninggal, namun jumlah sebenarnya diperkirakan sekitar 6,000 dengan 100.000 lainnya menderita efek permanen seperti kebutaan, tuli dan kerusakan otak.

8. Ledakan Reaksi Berantai di Texas City

Pada 15 April ,1947, kapal pengangkut Perancis memasuki dok Texas City, dan mengambil 1,400 ton pupuk ammonium nitrate. Malam itu api muncul di bagian bawah dek kapal. Menjelang pagi kepulan asap hitam membuat port authorities karena perusahaan kimia Monsanto hanya berjarak 700 kaki. Seorang pria berdiri di dok, menyaksikan, tugboat dipersiapkan untuk menyeret kapal pengangkut ke tengah laut. Kobaran api menyebar ke luar dari rongsokan kapal, dan dalam hitungan menit Monsanto meledak, membunuh dan menghancurkan ratusan pekerja dan saksi yang melihat ledakan permulaan. Kebanyakan distrik perdagangan hancur, dan api mengamuk sepanjang tepian laut, dimana sejumlah besar tang gas butane dalam keadaan terancam meledak. Tidak lama setelah tengah malam, kapal pengangkut kedua- juga membawa nitrat- meledak, dan seluruh kejadian terulang kembali. Lebih dari 500 orang meninggal dan 1000 lainnya luka-luka.

7. Peristiwa Tunguska

Pada 30 juni,1908 ledakan besar terjadi di dekat Podkamennaya (Under Rock) Sungai Tunguska yang sekarang dikenal Krasnoyarsk Krai of Russia. Ledakan sepertinya disebabkan oleh meteor atau pecahan komet dengan panjang sekitar 20m(60 kaki). Meskipun meteor atau komet dianggap hancur sebelum sampai di bumi, peristiwa ini masih dianggap peristiwa tubrukan. Energi ledakan diperkirakan antara 10 dan 20 megaton TNT, 1,000 kali lebih dahsyat dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima atau setara dengan Castle Bravo, bom nuklir terkuat yang diledakkan US. Ledakan Tunguska menumbangkan kira-kira 80 juta pohon di sekitar 2,150 kilimeter persegi. Kerusakannya saat ini masih bisa dilihat dari satelit di angkasa.

6. Robohnya The Empire State Building

Pada sabtu pagi 28 juli 1945, veteran Army pilot mengudara dengan B-25 light bomber dari Bedford, Massachusetts, menuju Newark, New Jersey, co-pilot dan marinir muda juga di dalam. Kabut membuat jarak pandang lemah. Kira-kira sejam kemudian, orang-orang di jalan tengah kota Manhattan menyadari raungan pesawat yang memekik semakin tajam dan menyaksikan dengan ngeri bomber tiba-tiba muncul dari kabut asap, melesat diantara gedung bertingkat dan kemudian terjun menubruk sisi Empire State Building. Serpihan pesawat dan bangunan runtuh berbarengan. Lubang besar menganga di lantai 78, satu dari mesin pesawat menabrak 7 dinding dan keluar dari sisi lain bangunan dan mesin lain terjerembab di cerobong lift. Saat tank bahan bakar meledak, 6 lantai ditelan api, dan gasoline yang terbakar mengalir di sisi lain bangunan. Untungnya, sedikit kantor yang buka pada hari sabtu, dan hanya 11 orang-plus 3 pengendara pesawat meninggal.

5. The Gillingham Fire Demonstration

Tiap tahun pemadam kebakaran Gillingham, di Kent, England, akan membangun ‘rumah’ sementara dari kayu dan kain untuk demonstrasi populer memadamkan kebakaran pada pesta acara tahunan Gillingham Park. Setiap tahun, juga, beberapa pria lokal dipilih dari banyak kandidat . Pada 11 juli 1929, 9 bocah laki-laki-umur 10 sampai 14- dan 6 pemadam kebakaran berpakaian seakan-akan sedang pesta perkawinan, memanjat lantai ke tiga dari ‘rumah’ itu dengan tali dan tangga. Rencananya adalah menyalakan api di lantai pertama, menyelamatkan ‘pesta perkawinan’ dengan tali dan tangga dan kemudian meledakkan rumah kosong untuk mendemokan penggunaan fire hoses. Karena kesalahan, api menyala duluan, Penonton mengira tubuh yang mereka lihat adalah gurauan dan bertepuk tangan meriah, sementara pemadam kebakaran diluar menyemprotkan air karena mengetahui bencana sesungguhnya. ke 15 orang meninggal di dalam rumah.

4. Ledakan Tabung Gas Pittsburg

Tabung gas silinder besar- yang terbesar di dunia saat itu- berada di jantung pusat industri Pittsburgh, Pennsylvania, mengalami kebocoran. Di pagi hari 14 november 1927, tukang reparasi pergi untuk memperbaikinya- dengan lampu tiup yang terbuka. Sekitar pukul 10 mereka menemukan kebocorannya. Tangki yang berisi 5 juta kubik gas alam, naik ke udara seperti balon dan meledak. Potongan metal, dengan berat 100 lbs, berserakan ke jarak yang cukup jauh, dan efek kombinasi dari tekanan udara dan api menyisakan kehancuran ber mil kuadrat. 28 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

3. Banjir Tetes Tebu di The Great Boston

15 januari 1919, pekerja dan penduduk Boston’s North End, kebanyakan orang Irlandia dan Italia, sedang diluar menikmati matahari siang di hari yang hangat. Tiba-tiba, dengan peringatan yang singkat, tangki besi cor yang besar milik perusahaan penyulingan murni pecah dan gelombang besar tetes-tebu mentah berwarna hitam, setinggi dua lantai, menenggelamkan jalanan dan mengalir perlahan menuju area tepi laut. Bukan saja pejalan kaki tapi juga kereta kuda tidak bisa lari dari gelombang ini.2 juta galon tetes-tebu yang sedianya akan dijadikan minuman menenggelamkan sejumlah orang -21 pria, wanita dan anak-anak tewas tenggelam. Kuda-kuda itu sebenarnya hanya terjebak di lengketnya cairan tebu tersebut, polisi terpaksa menembaknya. Boston berbau tetes-tebu selama seminggu, dan pelabuhan menjadi coklat sampai musim panas.

2. Kepanikan Gereja Baptis The Shiloh

2000 orang, kebanyakan kulit hitam, berkumpul di Shiloh Baptist Church Birmingham, Alabama, pada 19 September, 1902, demi mendengar ceramah Booker T. Washington. Tembok gerejanya baru. Tangga curam, menempel pada dinding. Setelah ceramah selesai, ada sedikit perselisihan yang memperebutkan kursi kosong, keluarlah kata-kata ‘fight’ dari salah satu anggota paduan suara, rupanya kerumunan salah interpretasi menjadi ‘fire’ sehingga semua orang berlarian keluar menuju pintu. Pintu yang tidak lebar tentu saja tidak mampu menampung ribuan massa yang berdesakan, apalagi tangga pintunya cukup curam, insiden tarik menarik dan saling menginjak berakhir dengan tewasnya 115 orang, dengan posisi bertumpuk di depan pintu gereja sampai setinggi 10 kaki.

1.Invasi Ular di St. Pierre

Aktifitas volkanis di ‘bald mountain’ tinggi diatas St Pierre, Martinique, biasanya tidak begitu penting sehingga banyak penduduk tidak menggubris adanya asap dari kawah dan beberapa gempa kecil selama April 1902. Pada awal Mei, bagaimanapun, hujan abu mulai turun terus menerus, dan bau sulfur yang menyengat mengisi udara sekitar. Rumah penduduk yang ada di lereng gunung tidak bisa lagi dihuni, lebih dari 100 ular fer-de-lances (-ini nih jenis ular yang besar dan berbisa yang ada di Amerika-) mulai melata menyerbu seperempat penduduk mulat(-mulat tuh campuran negro ma caucasian-) di St Pierre. Ular sepanjang 6 kaki ini membunuh 50 orang dan tak terhitung jumlah binatang lainnya. Namun pembasmian baru saja dimulai, Pada 5 mei longsoran dari lumpur yang mendidih tumpah ke laut, diikuti tsunami yang membunuh ratusan orang, 3 hari kemudian, 8 mei, Mt Pelee akhirnya meledak, mengirimkan lava putih dan bebatuan yang mematikan ke kota. Dalam waktu 3 menit St Pierre hancur total. Dari 30.000 populasi, hanya 2 yang selamat.

(http://ada-1.blogspot.com)
READ MORE - 10 Bencana Teraneh Di Dunia

Penjara Bintang Lima, Justizzentrum Leoben di Austria, Paling Mewah di Dunia


Ini bukan hotel, bukan pula mall, tapi penjara tempat para penjahat menghabiskan masa hukuman.  Justizzentrum Leoben, adalah penjara yang berjudulkan 'penjara bintang lima' karena 'kemewahan' bagunannya juga ruang-ruang di dalamnya yang terkesan jauh dari model penjara konvensional yg biasa kita lihat.
Penjara ini merupakan penjara termewah di dunia yang konon memperlakukan para napi denganlebih manusiawi. Mungkin kita harus mengapresiasi niat baik pemerintahan austria ini. Tapi di sisi lain, ini juga menjadi tantangan, karena kondisi nyaman di dalam penjara, membuat napi betah. Apakah ini tidak malah memancing orang yang tadinya takut berbuat jahat untuk berani melakukan kriminal, karena berpikir nantinya akan dikirim ke penjara mewah ini?
 
link sumber: acidcow.com
READ MORE - Penjara Bintang Lima, Justizzentrum Leoben di Austria, Paling Mewah di Dunia

180 TRILYUN+ Uang Sengaja DIBAKAR

Beberapa waktu lalu (5/4/09) datang kepada saya seorang mitra BMT Cengkareng Syariah Mandiri yg kebetulan perokok ’sedang’ (1/2 bungkus/hari = Rp.5000), berniat mengajukan pembiayaan modal usaha. Setelah berbicara beberapa saat, dia mengeluh dengan kondisi usahanya yang dari dulu hingga sekarang tak kunjung berkembang, kecuali kembang kempis. Maka saya coba ‘membedah’ sirkulasi finansial yang katanya selalu sial itu. Ternyata, konsumsi rokoknya menjadi penyumbang yang cukup signifikan bagi biaya yang dikeluarkan, bahkan nyaris 30% dari biaya hidup perbulannya. Dan menjadi pendukung proses ‘bangkrutisasi’ usaha yang dijalankannya, usaha yang hanya bermodal sekitar 1 juta.
Mengetahui berapa banyak uang yang telah dan akan dibakarnya dalam hidupnya (5000xHari=xxx…), dia menitikkan air mata teringat dengan masa depan anaknya, “Berarti selama ini saya telah berencana untuk membakar masa depan anak2 saya!” katanya sambil menyeka air matanya. Dan berkomitmen untuk berhenti merokok serta mengalihkan anggaran rokoknya untuk investasi masa depan anaknya melalui BMT Cengkareng Syariah Mandiri.
Sering ditemui para istri/ibu2 yang mengeluh karena kebiasaan suami bahkan anak2nya yang punya hobi “bakar2 uang”, sedangkan untuk memperoleh uang tak seberapa tersebut mereka harus benar2 ‘memecahkan’ tulang, dan anggaran rokok mereka kadang lebih 30% dari biaya rumah tangga yang dikeluarkan. Padahal keluarga mereka tersebut masih banyak membutuhkan kebutuhan dasar/pokok yang harus dipenuhi seperti susu anak, pendidikan, bahkan beras sekalipun. Dan saya yakin fenomena tersebut tidak hanya terjadi dilingkungan saya, tapi merata disemua tempat sebagaimana sering diberitakan dimedia.
Adapun fakta didepan mata yang menunjukan bahwa beberapa perokok kelas berat namun bisa menyekolahkan anak sampai keluar negeri dan sekolah favorit, itu patut disyukuri karena mampu secara ekonomi (ingat, lebih dari puluhan juta perokok yang tak bernasib baik seperti itu). Dan lebih disyukuri lagi bila anggaran rokok tersebut dapat dialokasikan untuk membantu orang yang tidak mampu (meski selama ini saya yakin mereka tidak lepas dari aktivitas mengeluarkan ZIS/sosial).
Bila diasumsikan anggaran rokok seorang Rp. 10.000/perhari, maka angka tsb dipastikan setahun sudah bisa memberi beasiswa tambahan bagi anak2 yang tidak mampu. Dan sekedar ilustrasi, saya ingin mengutip email dari teman, Fuad Baraja (ayah Jun dalam sinetron Jin & Jun) :
“Jumlah perokok di Indonesia beberapa tahun yang lalu sebanyak 70 juta orang.
Umat Islam Indonesia 80 % dari jumlah penduduk Indonesia. Tarohlah 80 %.
Maka berarti jumlah perokok umat Islam sebanyak 50 juta orang.
Setiap orang merokok sehari antara 1 sampai 4 bungkus. TAROHLAH 1 BUNGKUS.
Harga rokok sebungkus antara 8 sampai 12 ribu rupiah. TAROHLAH Rp 10.000,-
Berarti UMAT ISLAM INDONESIA MEMBELANJAKAN UANGNYA PER-HARI
SEBANYAK 50.000.000 orang X 1 BUNGKUS X Rp 10.000 = Rp 500 MILYAR.
Dalam sebulan : 30 hari X 500 Milyar = 15 Trilyun.
Dalam satu tahun: 12 bulan X 15 Trilyun = 180 Trilyun.
SUBHANALLAH & NA’UZUBILLAH.
Uang sebanyak itu dikeruk oleh para pengusaha rokok yang kita tahu siapa mereka, bahkan sebagian besar mereka sendiri TIDAK MEROKOK.
Angka yang amat sangat fantastis bin spektakuler bagi bangsa yang selalu dililit penyakit krusial bikin sial : KEMISKINAN !
Dengan angka ‘segitu’, saya yakin kita bisa membuka / menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan lebih mensejahterakan bagi masyarakat, termasuk para petani tembakau dan para pekerja pabrik rokok sampai pada hal2 yang berbau asap rokok yang selama ini menjadi ‘tameng’ bagi ‘ashabunnar’.
Bahkan sudah menjadi teori, fakta yang menunjukan bahwa Rokok adalah Gerbang bagi Narkoba.
Tentunya kita tidak bisa berharap pemerintah akan mengeluarkan UU anti Rokok atau UU Pemberantasan Pabrik Rokok, karena memang ‘periuk nasi’ pemerintah sendiri dibakar dengan api dan asap rokok.
SOLUSI TANGKAL
Mungkin salah satu solusi adalah para gadis dan ibu-ibu yang bisa membendung BAHAYA LATEN dari rokok ini dengan cara katakan “NO SMOKER” : Bagi gadis2 yang ingin disunting & bagi Ibu2 yang anaknya mau dilamar…. :-)
Bukan bermaksud ‘menakut-nakuti’ apa lagi membatasi HAM (Hak Asasi Merokok), sebab sebagai generasi muda punya tanggung jawab moral, social bahkan finansial untuk berbuat terbaik buat generasi masa depan, meski itu baru bisa dilakukan melalui tulisan seperti ini… :-)
So, gimana dengan Kita?
Wallahua’lam bishawab
************
SUKA DENGAN TULISAN INI ? Silahkan di Copas & disebarkan kepada yang lainnya serta jangan lupa berikan komentar terbaik teman2 pada kotak komen dibawah ini… Terimakasih ;-)
READ MORE - 180 TRILYUN+ Uang Sengaja DIBAKAR

Sejarah Botol Coca Cola

History of the Coca Cola bottle
Sejarah Botol Coca Cola dari kiri ke kanan : 1899 – 1900 – 1915 – 1916 – 1957 – 1986
Inilah Sejarah Botol Coca Cola yang berkembang dan berubah sesuai jamannya dari 1899 – 1900 – 1915 – 1916 – 1957 – 1986.
READ MORE - Sejarah Botol Coca Cola

Wanita Itu DiKubur Hidup - Hidup 1.500 Tahun Lalu Dibangkitkan Kembali

Dengan ukuran tubuh di bawah standar ukuran pada umumnya, perempuan bertubuh langsing ini tergolong sebagai perempuan berparas cantik pada zamannya. Berbekal teknologi modern untuk pertama kalinya, beberapa arkeolog Korea Selatan telah berhasil menyusun ulang rupa dari seorang pelayan wanita yang hidup 1.500 tahun lalu. "Kami telah beberapa kali mengadakan ekskavasi dan menemukan tulang manusia pada masa lampau, tetapi baru kali ini kami berhasil melacak rupa utuh dari jasad yang ditemukan," kata Kang Soon-hyung, Direktur Institut Riset Nasional Warisan Budaya Gaya.


upload pictures


Rupa dalam keadaan utuh seakan wujud pada masa hidupnya ini diyakini sebagai gadis perawan yang berusia 16 tahun yang pernah menetap bersama kalangan keluarga berkuasa pada masa Kerajaan Gaya pada abad keenam. Namun, paras cantik yang dimiliki gadis ini tidak dapat menyelamatkannya dari kekejaman yang mengukungnya setelah kalangan periset meyakini bahwa gadis tersebut tewas mengenaskan akibat dikubur secara hidup-hidup bersama tuannya yang telah meninggal dunia. Peristiwa itu terungkap dari sebuah studi terhadap adat istiadat Gaya mengenai peristiwa penguburan mereka yang masih hidup bersama mereka yang telah meninggal dunia.

Tulang rangka kelima gadis ini digunakan sebagai titik awal untuk menyusun ulang rupanya secara utuh dengan wujud model yang dilengkapi dengan rekayasa lapisan kulit dan otot. Proyek ini dikerjakan oleh pemahat spesialis anatomi, Kim Byung-ha, bersama CELL, firma yang menangani kostum film dengan tema khusus.

Jasad gadis tersebut ditemukan di antara jasad empat orang lainnya dalam penggalian yang diadakan pada suatu proyek ekskavasi tiga tahun lalu. Ia diketahui memiliki tulang rahang yang tidak lebar dengan wajah bulat dan leher panjang.

Ia juga diketahui memiliki lengan pendek, tetapi berjari kaki dan tangan panjang. Gadis dengan ukuran pinggang 54,61 sentimeter itu, menurut spekulasi beberapa ilmuwan berdasarkan hasil pemeriksaan tulangnya, sering berlutut pada masa hidupnya.[sumber: kompas.com]
READ MORE - Wanita Itu DiKubur Hidup - Hidup 1.500 Tahun Lalu Dibangkitkan Kembali

10 Hacker Ternama Dunia


Keahlian seorang hacker seringkali dianggap 'merepotkan' sejumlah korbannya. Padahal belum tentu semua hacker bisa dicap negatif, banyak diantara mereka yang menggunakan keahliannya untuk tujuan-tujuan melihat atau memperbaiki kelemahan perangkat lunak di komputer.

Tapi akibat, ulah sejumlah hacker yang menggunakan keahliannya untuk tujuan jahat seringkali hacker mendapat pandangan negatif dari masyarakat.

Perjalanan untuk menjadi seorang hacker sendiri dilalui melalui perjalanan yang panjang. Untuk menjadi seorang hacker terkenal, tak jarang harus berhadapan dengan penjara. Tengok saja perjalanan 10 hacker ternama dunia berikut seperti dilansir Telegraph, Minggu (29/11/2009).
1. Kevin Mitnick
Pria kelahiran 6 Agustus 1963 ini adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversial di akhir abad ke-20. Pengadilan Amerika Serikat bahkan menjulukinya sebagai buronan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika. Kevin diketahui pernah membobol jaringan komputer milik perusahaan telekomunikasi besar seperti Nokia, Fujitsu and Motorola.

Kevin Mitnick ditangkap FBI pada Januari 1995 di apartemennya di kota Raleigh, North Carolina atas tuduhan penyerangan terhadap pemerintahan. Saat ini, ia berprofesi sebagai seorang konsultan keamanan sistem jaringan komputer.

2. Kevin Poulson
Jauh sebelum menjadi senior editor di Wired News, Pria bernama lengkap Kevin Lee Poulsen ini dikenal sebagai seorang hacker jempolan. Pria kelahiran Pasadena Amerika Serikat, 1965 ini pernah membobol jaringan telepon tetap milik stasiun radio Los Angeles KIIS-FM, sehingga ia seringkali memenangkan kuis-kuis radio. Bahkan lewat kuis telepon via radio ia bisa memenangkan sebuah hadiah utama, mobil Porsche.
3. Adrian Lamo
Nama Adrian Lamo sering dijuluki sebagai 'the homeless hacker' pasalnya ia sering melakukan aksi-aksinya di kedai-kedai kopi, perpustakaan atau intenetcafe. Aksinya yang paling mendapatkan perhatian adalah ketika ia membobol jaringan milik perusahaan Media, New York Times dan Microsoft, MCI WorldCom, Ameritech, Cingular. Tak hanya itu, ia juga berhasil menyusupi sistem milik AOL Time Warner, Bank of America, Citigroup, McDonald's and Sun Microsystems. Kini pria tersebut berprofesi sebagai seorang jurnalis.

4. Stephen Wozniak
'Woz' begitu ia biasa disapa. Saat ini mungkin lebih dikenal sebagai seorang pendiri Apple. Tapi saat menjadi mahasiswa, Wozniak pernah menjadi seorang hacker yang cukup mumpuni. Pria berusia 59 tahun itu diketahui pernah membobol jaringan telepon yang memungkinkannya menelepon jarak jauh tanpa membayar sedikit pun dan tanpa batas waktu. Alat yang dibuat semasa menjadi mahasiswa itu dikenal dengan nama 'blue boxes'

5. Loyd Blankenship
Pria berjuluk The Mentor ini pernah menjadi anggota grup hacker kenamaan tahun 1980 Legion Of Doom. Blakenship adalah penulis buku The Conscience of a Hacker (Hacker Manifesto). Buku yang ditulis setelah ia ditangkap dan diumumkan dalam ezine hacker bawah tanah Phrack.

6. Michael Calce
Sejak usia muda Calce memang dikenal sebagai seorang Hacker. Aksinya membobol situs-situs komersial dunia dilakukannya ketika ia berusia 15 tahun. Pria yang menggunakan nama MafiaBoy dalam setiap aksinya itu, ditangkap ketika membobol pada tahun 2000 mengacak-acak eBay, Amazon and Yahoo.

7. Robert Tappan Morris
Nama Morris dikenal sebagai seorang pembuat virus internet pada tahun 1988, atau dikenal sebagai 'Morris Worm' yang diketahui merusak sekira 6.000 komputer. Akibat ulahnya ia dikenai sanksi untuk bekerja sosial selama 4000 jam. Kini ia bekerja sebagai pendidik di Massachusetts Institute of Technology.

8. The Masters Of Deception
The Masters Of Deception (MoD) merupakan kelompok hacker yang berbasis di New York. Kelompok ini sering mengganggu jaringan telepon milik perusahaan telekomunikasi seperti AT&T. Sejumlah anggota kelompok ini ditangkap pada tahun 1992 dan dijebloskan ke penjara.

9. David L. Smith
Smith dikenal sebagai penemu Mellisa worm, yang pertama kali ditemukan pada 26 Maret 1999. Mellisa sering juga dikenal sebagai "Mailissa", "Simpsons", "Kwyjibo", atau "Kwejeebo". Virus ini didistribusikan lewat email. Smith sendiri akhirnya diseret ke penjara karena virusnya telah menyebabkan kerugian sekira USD80 juta

10. Sven Jaschan
Jaschan menorehkan namanya sebagai seorang penjahat dunia maya pada tahun 2004 saat membuat program jahat Netsky dan Sasser worm. Saat ini ia bekerja di sebuah perusahaan keamanan jaringan.

sumber : okezone.com
READ MORE - 10 Hacker Ternama Dunia

Mengintip Google Versi terbaru

Bagi kita pengguna internet, google sudah merupakan makanan sehari-hari dan telah banyak membantu kita menemukan informasi yang kita butuhkan. Saat ini google sedang menggodok versi terbarunya dengan tampilan yang lebih fresh.


Tampilan baru google
Tampilan baru google
Untuk mencobanya, berikut langkah-langkahnya:
1. Buka google.com pada web browser anda. Apabila yang tampil Google Indonesia, klik Google.com in English
2. Pada bagian alamat url di browser anda, copy dan paste kode di bawah ini lalu tekan Enter
javascript:void(document.cookie=”PREF=ID=20b6e4c2f44943bb:U=4bf292d46faad806:TM=1249677602:LM=1257919388:S=odm0Ys-53ZueXfZG;path=/; domain=.google.com”);
3. Ketikkan lagi google.com pada bagian browser lalu tekan enter. Anda telah memiliki akses untuk mengintip google versi terbarunya.
Selamat mencoba…
READ MORE - Mengintip Google Versi terbaru

Didenda Rp 24 Juta


Salah satu kegilaan orang Hongkong sekarang adalah kebersihan. Sebuah kegilaan, yang menurut saya, sangat positif. Nyaris di semua sudut jalan dan kota terlihat bersih. Ini terwujud karena regulasi yang tegas dan perilaku warganya yang mendukung.

DARI jauh suara Willy Fung, pemandu kami terdengar sangat keras. “Jangan dekat orang itu, itu orang gila. Sudah dilarang, masih kasih makan juga itu burung. Ayo semua ke sini, nanti kena basil (virus),” teriaknya.

Saat itu, kami, beberapa wartawan yang ikut dalam Cathay Pacific dan Hong Kong Tourism Board Familliarization Trip (16-19 November 2009), baru selesai makan siang di Kantin Islamic Centre, di 5/F Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wanchai.

Saya berada agak jauh, mengamati bangungan gereja yang berada persis di samping, tepatnya, berseberangan jalan dengan Islamic Center itu. Nada suara Willy Fung, pria kelahiran Malang ini, terdengar bergetar, ada rasa ketakutan.

Yang dimaksud orang itu, adalah seorang tua, berbaju lusuh, dengan enaknya duduk di tepi gedung Islamic Center, sembari memberi makan beberapa burung merpati. Willy Fung adalah cerminan orang Hongkong yang antipati terhadap burung, karena dari burung-burung migran ini, wabah flu burung (H5N1) berkembang di Hongkong.

Pemerintah Hongkong sangat ketat mengatur dan memberi tempat pada populasi burung, termasuk kelompok unggas lain seperti ayam. Ini bisa dimaklumi, karena Hongkong pernah dilaporkan sebagai tempat pertama kali ditemukannya kasus flu burung di dunia, yang menjangkiti manusia pada 1997. Waktu itu, enam orang meninggal dunia.

Para peternak kemudian diingatkan agar waspada. Toh, pada 6 Maret 2008, seekor bangkai ayam yang positif flu burung ditemukan. Padahal, tidak ada peternakan ayam dalam radius 3 km dari lokasi. Tidak mau menanggung risiko, pada Desember 2008, Pemerintah Hongkong memusnahkan lebih dari 90.000 unggas.

”Saat ini, kalau ketahuan memelihara ayam, tanpa izin, bisa kena denda 20.000 dolar Hongkong,” kata Willy Fung. ”Untuk daging ayam dan lain-lain, Hongkong impor.”

Di depan Islamic Centre, persisnya di pagar kawat, sudah terpampang larangan memberi makan burung. Anda tidak boleh memberi makan burung merpati atau burung liar lainnya, sehingga menyebabkan tempat umum menjadi kotor. Dendanya bisa mencapai 1.500 dolar Hongkong (sekitar Rp 1,8 juta, jika 1 dolar Hongkong = Rp 1.200-an).

Bagi saya, aturan ini sangat merugikan. Memberi makan burung itu perbuatan baik, kok dilarang. Ternyata lebih enak di Surabaya, memberi makan burung itu bebas, baik di rumah atau di jalanan. Tak perlu takut juga memelihara ayam. Bebas, termasuk membuang kotoran ayam di halaman tetangga, melempar ayam mati di jalan raya.

Dengan sanksi tegas dari pemerintah, kalau Anda sempat berjalan-jalan di Hongkong, jalanan sangat bersih. Apalagi, jalanannya tak bergelombang, tak ada kerikil, batu, atau lubang-lubang. Sungguh nyaman berkendara di sana. Tidak perlu ada lomba untuk memberi kenyamanan jalan di sana. Di Indonesia, ada kota yang jalanannya kotor dan berlubang-lubang, bisa dapat Adipura. Aneh.

Dari Bandara Chek Lap Kok atau lebih dikenal sebagai Hong Kong International Airport di Pulau Lantau hingga hotel tempat saya menginap, Regal Riverside Hotel, kawasan Sha Tin, dekat Sungai Shing Mun yang terkenal itu, jalan mulus, bersih, tertata dengan baik. Tidak ada kemacetan, karena yang berlalu lalang hanya angkutan umum (bus dan taksi), dan beberapa mobil pribadi. Itupun tidak banyak.

Kembali ke soal burung tadi, regulasi ditegakkan menyusul temuan burung merpati yang mati. Temuan ini nyaris bersamaan dengan munculnya kasus flu babi (swine flu) yang dibawa pengunjung asal Meksiko yang datang ke Hongkong pada awal Mei 2009.

Burung merpati itu, kata Willy Fung, ditemukan di Distrik Tuen Mun. Lantas, Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi Hongkong mengumumkan temuan itu kepada publik. Lembaga ini kemudian mengawasi secara ketat unggas yang masuk ke Hongkong, termasuk makanan untuk unggas.

Pemerintah setempat memberlakukan sanksi tegas. Bagi importir telur, daging, makanan ternak atau burung yang tidak dicantumkan dalam manifes kargo, bisa dikenai denda hingga 500.000 dolar Hongkong dan penjara dua tahun.

Importir aneka dagang dan makanan unggas tanpa ada sertifikat resmi bisa dikenai denda maksimum 50.000 dolar Hongkong dan ancaman kurungan enam bulan, sedangkan untuk pengimpor burung, yang tidak menyertakan sertifikat kesehatan, dapat dikenai denda maksimum hingga 25.000 dolar Hongkong.

***
Seorang teman dari media Jakarta mengatakan kepada saya, perilaku bersih orang Hongkong masih kalah sama orang Tokyo, Jepang. “Di sini, levelnya masih di bawah orang Jepang,” katanya. Boleh jadi, apa yang dikatakan teman ini benar. Di sebuah ruas jalan di kawasan Tsim Sha Tsui, saya masih melihat seorang sopir angkot membuang puntung rokok di jalan.

Ya, sama persis dengan perilaku pengendara di Surabaya. Sopir angkot, kondektur bison, atau pengendara motor, seenaknya mengisap rokok lalu melempar begitu saja di jalan. Sama persis kalau mereka meludah begitu saja di jalan. Di Hongkong hal seperti ini sempat saya lihat juga. Bedanya, mungkin di sana, hanya segelintir orang yang melakukan. Tapi jika ketahuan polisi jalan raya, pasti langsung didenda.

Di sudut-sudut jalan, tersedia tiga tong sampah, bahkan ada yang lima, dengan warna berbeda. Di Nathan Road, sejumlah bilboard memberikan imbauan untuk berperilaku bersih. Keep Support Hong Kong Clean, begitu bunyinya.

Di Ocean Park di Hong Kong Island, salah satu tempat wisata yang saya kunjungi, pengelolanya menyediakan tiga tong sampah. Tong warna cokelat untuk sampah plastik (plastic bottle recycling), warna biru/hijau tua untuk sampah umum (general trash), dan tong warna kuning untuk kaleng atau alumunium (bisa bekas minuman, VCD atau DVD bekas) yang dapat didaur ulang.

Kalau Anda tepergok membuang sampah sembarangan di Hongkong, sekecil apa pun itu, denda maksimal 5.000 dolar Hongkong siap menunggu. Sampah domestik di Hongkong yang harus didaur ulang naik dari 16 persen menjadi 31 persen selama 2005-2008.

Beberapa waktu lalu, anak saya tertawa keras. Pulang dari sekolah, maunya membuang sampah di bak di Jl Pahlawan Sidoarjo. Warna biru untuk sampah kering dan kuning untuk sampah basah. Dari jauh tampak bagus, tergantung dengan indah. Begitu sampah dimasukkah, eh jatuh di atas trotoar. Ternyata, bagian bawah bak sampah bolong. Rapi tapi tidak terawat.

Kebersihan di Hongkong tidak hanya di darat. Negara yang memiliki 236 pulau itu juga mengupayakan kebersihan udara di lingkungannya. Sejak 1 September 2009, Pemerintah Hongkong mengefektikan larangan dan sanksi terhadap perokok. Siapa yang tertangkap basah merokok atau membawa sigaret, cerutu atau pipa rokok di tempat yang sudah ditetapkan sebagai area larangan merokok atau tempat transportasi umum, dikenai denda 1.500 dolar Hongkong.

“Membuang puntung rokok ada aturannya. Harus dibuang di bagian atas tong sampah yang bentuknya seperti asbak itu,” terang Willy Fung, menunjuk sebuah tong sampah di dekat pintu masuk Ocean Park.
Menurut regulasi setempat, asbak hanya boleh diisi rokok. Pemerintah Hongkong melarang keras permen karet dibuang di asbak. Sedangkan denda sudah harus dibayar lewat kantor pos dalam waktu 21 hari. Kalau tidak, pemerintah bisa memberikan sanksi lebih berat lagi.

”Pemerintah kolonial Inggris mewariskan sistem dan aturan ketat serta bersih untuk Hongkong. Tidak perlu ke pengadilan, langsung bayar dan masuk kas negara,” lanjut Willy Fung. ”Kalau tidak bayar, bisa dicekal di bandara.”#surya.co.id#
READ MORE - Didenda Rp 24 Juta

Ironi Besar Arab dan Yahudi di Sepakbola Inggris

Inilah paradox besar dan menyedihkan antara dunia Arab dan Israel. Sementara rakyat Palestina mengeluarkan keringat, darah, dan nyawa menghadapi Israel mempertahankan kehormatan, harga diri dan tanah air, eh di Inggris, terjadi sebaliknya.
Seperti diketahui, para pengusaha dan anggota kerajaan di negeri Arab sekarang ini berbondong-bondong membeli klub sepakbola Premier League. Ada Syeikh Mansour yang memiliki klub Manchester City. Ada pula Pangeran Faisal yanag tengah dalam proses membeli klub Liverpool. Yang terakhir adalah Ali Al Faraj yang membeli klub Porstmouth.

Avram Grant Calon Pelatih Porstmouth
Avram Grant Calon Pelatih Porstmouth
Nah, Ali Faraj ini yang bener-bener kebangetan. Ia—entah dengan pertimbangan apa—kemudian memperkerjakan seorang Israel . Bukan sembarangan orang Israel, karena ia adalah Avram Grant. Grant adalah seorang Yahudi yang pernah melatih klub Chelsea, namun kemudian digantikan oleh Luis Felipe Scolari karena dianggap gagal memenuhi ekspektasi sang pemilik klub, Roman Abramovic.
Di Portsmouth, Grant akan ditunjuk sebagai Direktur Sepakbola klub tersebut untuk durasi dua tahun. Grant sendiri bukanlah orang baru dalam tubuh Portsmouth. Empat tahun lalu, sebelum melatih Chelsea, ia pernah menjabat sebagai Direktur Teknik.
Tampaknya Al Faraj benar-benar bernafsu akan membangun Porstmout seperti Chelsea atau Manchester City. Pada Januari mendatang, ia akan menggelontorkan sejumlah dana untuk merekrut pemain baru.
Al Faraj, kemanakah nurani Anda? Tidakkah Anda lihat sesama orang Islam sekarat oleh Israel, dan kini Anda membayar mahal seorang Yahudi untuk klub sepakbola Anda yang hanya untuk kepentingan dunia dan senang-senang saja? Duh, Arab, Arab.
Sumber: eramuslim.com
READ MORE - Ironi Besar Arab dan Yahudi di Sepakbola Inggris

Misteri Segitiga Bermuda, Nyata Atau Rekayasa ??

Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), terkadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa

Sejarah awal

Peta dari Segitiga Bermuda
Peta dari Segitiga Bermuda
Pada masa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya aneh berkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamati sesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area tersebut.

Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’ , setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut.

Penjelasan yang meragukan

Tanggapan beberapa orang

Peta tempat-tempat yang mengandung gas methana
Peta tempat-tempat yang mengandung gas methana
Perusahaan asuransi laut Lloyd’s of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.

Gas Metana
Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas metana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.
Penjelasan lain
Ada yang mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia,sehingga kendaraan apapun yang melewati teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda,sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalam. Dan bahkan ada yang mengatakan Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas,sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat.
Meskipun beberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat lenyap.

Peristiwa-peristiwa terkenal

Penebangan 19
Pesawat pada penerbangan TBF Grumman Avenger, mirip dengan penerbangan 19
Pesawat pada penerbangan TBF Grumman Avenger, mirip dengan penerbangan 19
Salah satu kisah yang terkenal dan bertahan lama dalam banyaknya kasus misterius mengenai hilangnya pesawat-pesawat dan kapal-kapal yang melintas di segitiga bermuda adalah Penerbangan 19. Penerbangan 19 merupakan kesatuan angkatan udara dari lima pesawat pembom angkatan laut Amerika Serikat.
Penerbangan itu terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945. Pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dibuat secara sistematis oleh orang-orang yang ahli penerbangan dan kelautan untuk mengahadapi situasi buruk, namun tiba-tiba dengan mudah menghilang setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pandangan yang aneh, dianggap tidak masuk akal.
Karena pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung di lautan dalam waktu yang lama, maka penyebab hilangnya dianggap karena penerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yang tenang dan langit yang cerah.
Setelah itu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut, namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regu penyelamat juga ikut lenyap. Karena kecelakaan dalam angkatan laut ini misterius, maka dianggap “penyebab dan alasannya tidak diketahui”.
Dan juga ditemukan adanya kaitan segitiga bermuda dengan atlantis yang ditemukan adanya penemuan kota-kota kuno dan berbagai bangunan di segitiga bermuda tersebut”. Atlantis yang diduga tenggelam dalam waktu satu hari satu malam diduga kuat tenggelam di segitiga bermuda dan beberapa kawasan lainnya yang mirip dengan kejadian yang ada pada segitiga bermuda tersebut salah satunya yaitu di Indonesia, Malaysia, India, dan lainnya”.
Kronologi dari beberapa peristiwa terkenal
  • 1840: HMS Rosalie
  • 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
  • 1909: The Spray
  • 1917: SS Timandra
  • 1918: USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
  • 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • 1938: HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
  • 1945: Penerbangan 19 menghilang
  • 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
  • 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
  • 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  • 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
  • 1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  • 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
  • 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  • 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.
READ MORE - Misteri Segitiga Bermuda, Nyata Atau Rekayasa ??

Buaya Purba dengan Taring Babi Hutan, Gigi Tikus dan Moncong Lebar

National Geographic
Model Buaya Panekuk (atas) dan fosil rahang bawahnya
Sejenis buaya sepanjang 6 meter yang memiliki tiga pasang taring seperti taring babi hutan, pernah menjelajahi wilayah Afrika bagian utara jutaan tahun lalu. Pada masa yang sama, di tempat yang tak jauh, jenis buaya lain dengan moncong lebar dan datar hidup dengan berburu ikan. Masih di wilayah tersebut, jenis buaya lain sepanjang satu meter dengan gigi pengerat mencari ulat dan mengunyah tanaman.
Tiga spesies yang baru ditemukan fosilnya itu diperkenalkan oleh peneliti Paul Sereno dari Universitas Chicago dan Hans Larsson dari Universitas McGill di Montreal, Kamis (19/11). Mereka bicara dalam konferensi pers yang diselenggarakan National Geographic Society.
"Spesies-spesies ini membuka jendela mengenai dunia buaya di bagian utara benua itu," ujar Sereno tentang hewan-hewan yang hidup 100 juta tahun lalu itu.
Menurut para peneliti, buaya-buaya itu bisa bergerak lincah di daratan untuk mengejar mangsa dan menyelam di air. "Mereka memiliki kaki yang mampu digunakan berlari dan ekor yang bisa dipakai mengayuh di air. Kemampuan itulah yang membuat mereka bisa selamat di masa dinosaurus," papar Sereno.
Ketiga spesies yang ditemukan itu adalah:
Kaprosuchus saharicus, disebut juga "Buaya Celeng" ditemukan di Niger. Pemakan daging sepanjang 6 meter ini memiliki moncong yang berisi tiga pasang taring untuk memotong daging. Taring di rahang atas dan bawah itu mirip taring babi hutan, sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya pada buaya.
Araripesuchus rattoides, atau dijuluki "Buaya Tikus" ditemukan di Maroko. Hewan sepanjang satu meter ini makan ulat dan tanaman. Ia memiliki gigi seperti tikus di rahang bawahnya untuk menggali tanah.
Laganosuchus thaumastos,  atau "Buaya Pancake" di Niger dan Maroko. Panjangnya sekitar 6 meter dan makanannya ikan. Hewan ini memiliki kepala datar seperti panekuk sepanjang satu meter dan gigi-gigi tegak di rahangnya. Diduga ia menangkap ikan dengan membuka rahangnya dan menanti ikan lewat.
Sebagai tambahan, para peneliti juga menemukan fosil dari dua spesies buaya yang telah dikenal sebelumnya, yakni:
Anatosuchus minor, alias "Buaya Bebek" yang ditemukan di Niger. Buaya sepanjang satu meter yang memiliki moncong lebar dan hidung mirip pinokio ini memangsa ikan, kodok, dan ulat. Ia memiliki sensor khusus di ujung moncongnya untuk mencari mangsa di perairan dangkal.
Araripesuchus wegeneri,  atau "Buaya Anjing" ditemukan di Niger. Hewan sepanjang satu meter ini memakan tumbuhan dan memiliki hidung mengarah ke depan seperti hidung anjing.
Sereno fokus meneliti buaya purba di Gurun Sahara sejak ia menemukan fosil Sarcosuchus imperator, buaya sepanjang 12 meter yang diduga beratnya mencapai 8 ton dan kemudian dikenail sebagai "SuperCroc."
READ MORE - Buaya Purba dengan Taring Babi Hutan, Gigi Tikus dan Moncong Lebar

Ratusan Ribu Peninggalan Majapahit Ditemukan


Ekskavasi tahap ketiga situs Majapahit dalam proyek pembangunan Pusat Informasi Majapahit atau PIM yang sekarang berganti nama jadi Neo PIM di Situs Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim, yang berlangsung sejak 10 November berakhir pada Minggu (22/11).
Ketua tim evaluasi PIM, Prof. Mundardjito mengatakan, total ditemukan 150.000 fragmen dan tidak kurang 60.000 keping uang logam dari China selama ekskavasi yang dilakukan dalam tiga tahap itu.
Menurut Mundardjito, banyaknya temuan dengan jenis yang beragam itu semakin mensahihkan hipotesis awal ahwa kawasan yang saat ini sedang digali adalah pusat kota Majapahit. Adapun temuan uang kuno dari China membutktikan bahwa pada masa itu telah terjalin pula hubungan dagangan dan diplomatik antara kedua negara yang sangat serius.
Selain itu, membuktikan pula ada sistem moneter yang terbangun. Masyarakat gemar menambung, ujar Mundardjito sembari menunjukkan gambar temuan sejumlah bentuk celengan.
READ MORE - Ratusan Ribu Peninggalan Majapahit Ditemukan

Perahu Kuno Ditemukan di Pantai Bogak, Sumut

Sebuah perahu kuno ditemukan di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Perahu kuno yang diduga kuat berumur sekitar 300 tahun lalu itu berbeda dengan tiga temuan perahu kuno sebelumnya di Sumatera Utara.
"Kami belum bisa memastikan perahu ini milik siapa. Bukti-bukti kepemilikan belum ada. Namun perahu ini mempunyai keunikan yang tinggi. Perahu kuno ini sangat modern di zamannya," tutur Kepala Balai Arkeologi (Balar) Medan Lucas P Koestoro, saat ditemui Kompas, Minggu (20/10).
Lucas menuturkan, konstruksi perahu temuan itu menggabungkan ciri perahu nusantara dan model perahu Eropa. Alas perahu terdiri dari lesung kayu utuh sebagaimana perahu tradisional nusantara. Namun pada bagian lain perahu mempunyai rangka besar berukuran 18 kali 20 cm. Di bagian depan bawah perahu dan buritan terdapat kayu pelapis yang diduga berfungsi sebagai pelindung.
"Kerumitan ini yang tidak lazim pada perahu nusantara tempo dulu. Saya menduga perahu ini dibuat pada bagian rangka terlebih dahulu sebelum kemudian bagian lambungnya," tutur Lucas. Rangka perahu yang terlihat kokoh itu diduga kuat dari kayu ulin, sedangkan pelapis bagian depan bawah dan buritan dari kayu bungur.
Dia memastikan, perahu kuno itu bukan perahu nelayan. Warga setempat menemukannya dalam timbunan pasir Pantai Bogak.
Penemuan yang terjadi pada minggu kedua Januari itu menyedot perhatian masyarakat sekitar. Di tempat yang sama sebelumnya pernah ditemukan dua meriam peninggalan Belanda.
Selain perahu, di tempat sekitar penemuan, juga ditemukan keramik dan koin mata uang berangka arab dan huruf latin. Di lokasi penemuan, sebelumnya merupakan pelabuhan tradisional.
Di tempat itu pula sempat ada penghunian para nelayan yang dibuktikan dengan banyaknya tonggak kayu nibung di pantai. Pantai Bogak merupakan bagian dari perairan Sungai Tanjung Tiram Kanan.
"Kami akan telusuri usia dan asal-usul perahu ini dengan menyerahkan sampel perahu ke BATAN," tuturnya. Temuan itu, tuturnya, merupakan temuan keempat di Sumut. Tiga temuan perahu kuno sebelumnya ditemukan di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, dan Labuhan Deli, Medan.
"Dari sisi bentuknya, perahu ini paling menarik," katanya.
Sementara itu, dosen Sejarah Universitas Negeri Medan (Unimed) Ichwan Azhari mengatakan perlu penelusuran dengan memakai karbon. Sekadar pandangan, dahulu kala ada ekspedisi dari Jawa seperti Ekspedisi Pamalayu. Ekspedisi ini terdiri dari prajurit Kerajaan  Singosari ke Sumatera dengan armada perahu.
"Begitupun dengan ekspedisi lain yang datang ke pantai timur Sumatera. Bisa jadi, jika tidak dari Jawa, perahu itu dari luar negeri. Banyak misi dari China dan Portugis," tuturnya.
READ MORE - Perahu Kuno Ditemukan di Pantai Bogak, Sumut

Gunung Es Antartika Mulai Bergerak Ke Selandia Baru


Ratusan gunung es terapung dari Antartika kini tengah bergerak ke Selandia Baru. Peristiwa langka ini memaksa pemerintah setempat mengeluarkan peringatan pada awak kapal yang melintas di daerah itu. Badan Glasiologi Australia Divisi Antartika menyatakan, titik es terlihat dari foto satelit telah melewati Pulau Auckland dan kini tengah menuju Pulau Selatan, yang berjarak sekitar 450 kilometer arah timur laut.
Ilmuwan Neal Young mengungkapkan, lebih dari 100 gunung es, yang diperkirakan berukuran sekitar 200 meter tersebut dapat dilihat hanya pada satu kluster. Ini menandakan di lokasi itu ada ratusan gunung es.
http://www.explorepatagonia.com/images/antartica-chilena/antartica-chilena.jpg
Ia mengatakan, benda yang mengapung itu adalah sisa dari bongkahan es yang memisahkan diri dari Antartika akibat pemanasan global.
“Apa yang ada sekarang, berasal dari sebuah bongkahan es yang lebih besar, yang mungkin berukuransekitar 30 kilometer persegi ketika meninggalkan Antartika,” jelasnya.
Selandia Baru kerap mengeluarkan peringatan navigasi pantai untuk perairan selatan di mana bongkahan es terlihat. “Ini benar-benar peringatan untuk pelayaran di area yang banyak dilabuhi bongkahan gunung es,” kata juru bicara maritim Selandia Baru Ross Henderson.
Sumber: kompas.com

READ MORE - Gunung Es Antartika Mulai Bergerak Ke Selandia Baru

Bumi Berotasi Semakin Lambat

Bumi berotasi pada porosnya menciptakan siang dan malam. Namun, ada ketakutan putaran poros Bumi itu tidak stabil. Lalu akankah panjangnya waktu dalam satu hari bertambah?
Teori mengenai pergerakan Bumi yang mengelilingi Matahari dan berputar pada porosnya baru terpublikasi pada 1543 lewat buku yang ditulis Nicolaus Copernicus. Dalam bukunya, Copernicus mengungkapkan teori-teori yang menyatakan bahwa Matahari merupakan pusat tata surya kita.  Sebelumnya, ahli astronomi asal Italia itu tidak berani mengungkapkan teorinya karena bertentangan degan pendapat pemegang kekuasaan saat itu. Tiga puluh tahun kemudian, ia baru berani mempublikasikan teori-teori yang menyatakan Bumi bukanlah pusat tata surya.



Pada awalnya, banyak orang tidak sependapat dengan Copernicus. Pasalnya, keyakinan bahwa Bumi merupakan pusat tata surya telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Saat itu, keyakinan mengenai hal tersebut “dibuktikan” dengan apa yang dilihat banyak orang, yaitu Matahari bergerak dari timur ke barat. Untuk mematahkan anggapan kebanyakan orang itu, Copernicus pun memberikan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Teorinya itu juga ia dukung dengan berbagai data. Ia mengatakan terjadinya siang malam bukan disebabkan Matahari bergerak mengelilingi Bumi, melainkan Bumi berputar pada porosnya (rotasi). Bumi pun tidak diam melainkan berputar mengelilingi Matahari sehingga terciptalah “waktu” satu tahun untuk satu putaran mengelilingi Matahari (revolusi).  Sekitar 70 tahun kemudian, teori yang dikemukakan Copernicus itu akhirnya diyakini banyak orang. Hingga kini, secara umum, teori itulah yang dipakai untuk menjelaskan banyak hal terkait beberapa peristiwa astronomi, seperti terjadinya siang dan malam.

Apabila pada era Copernicus rotasi Bumi hanya dihitung sebagai satu siang dan satu malam tanpa memedulikan berapa panjang waktunya, kini satu putaran Bumi pada porosnya terhitung menghabiskan waktu 23 jam 56 menit 4 detik. Setidaknya, perhitungan itu diyakini banyak orang. Kini, dengan menggunakan jam atom, tiap milidetik waktu yang diperlukan Bumi berotasi dapat dihitung. Dari situlah akhirnya diketahui ternyata rotasi Bumi dari waktu ke waktu semakin melambat.


Thomas Djamaluddin, pakar astronomi dan astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan waktu yang dibutuhkan Bumi berotasi saat ini jauh lebih lama dibandingkan dengan masa-masa awal terbentuknya Bumi. “Sekitar 620 juta tahun lalu, satu hari di Bumi membutuhkan waktu sekitar 22 jam. Hal itu diketahui dari data-data geologi dan astronomi yang ada,” ujar Thomas.  Semakin Melambat  Dari perhitungan astronomis diketahui rotasi Bumi melambat pada tingkat 0,005 detik per tahun. Perhitungan itu menghasilkan kesimpulan bahwa Bumi memerlukan waktu berotasi selama 14 jam pada 4,6 miliar tahun lalu. Jumlah yang juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan angka sebelumnya yang diutarakan Thomas, yaitu 22 jam pada jutaan tahun lalu.  Angka yang lebih mengejutkan lagi adalah 6 jam untuk satu kali rotasi Bumi pada awal pembentukan Bumi. Tidak heran kalau dibandingkan dengan kecepatan rotasi pada saat itu yang mencapai 6.400 kilometer per jam. Bandingkan dengan kecepatan rotasi Bumi yang kini tercatat 1.600 kilometer per jam. Masih dari perhitungan-perhitungan astronomis, didapatkan angka bahwa Bumi dalam satu harinya berotasi melambat 1 hingga 3 milidetik. Apabila dihitung-hitung, setiap 100 tahun, waktu rotasi Bumi dalam satu harinya bertambah lama 30 detik sampai 2 menit. Penambahan waktu itu mengakibatkan pada tahun-tahun tertentu saat hendak berganti tahun, para ilmuwan sepakat menambah waktu. Pada 2005 misalnya, saat itu di penghujung 31 Desember 2005 waktu ditambahkan satu detik sebelum memasuki 1 Januari 2006. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan penentuan waktu menggunakan jam atom dengan perhitungan rotasi Bumi. Penambahan waktu atau dikenal pula dengan lompatan waktu itu dilakukan agar semua perhitungan waktu di dunia sama. Hal itu terkait erat dengan banyak hal, seperti telekomunikasi dan jadwal transportasi. Penambahan waktu itu dilakukan sejak tahun 1972 berdasarkan kesepakatan internasional tentang penetapan waktu dunia. Tercatat, antara tahun 1972 hingga 1983, waktu ditambahkan satu detik per tahunnya. Agar terus sesuai, pengurangan waktu juga dilakukan pada pertengahan ‘80-an dan ‘90-an.


Menurut Thomas, perubahan kecepatan rotasi Bumi yang berpengaruh terhadap lama waktu dalam satu hari di Bumi disebabkan faktor luar Bumi (eksternal). Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa perubahan kecepatan rotasi Bumi disebabkan karena Bumi semakin berat. Namun, kata Thomas, anggapan itu tidak teruji. Satu-satunya massa yang menambah berat Bumi dari luar adalah batu-batuan luar angkasa yang jatuh ke Bumi. “Itu juga tidak terlalu memberatkan Bumi hingga bisa menyebabkan rotasi Bumi melambat,” ujarnya. Lebih lanjut Thomas mengatakan perubahan kecepatan rotasi Bumi yang kian melambat disebabkan efek pasang surut bulan terhadap Bumi. Hal itu terkait erat dengan pengaruh gaya tarik Bumi dengan Bulan. Efek yang sama membuat Bulan semakin menjauh dari Bumi. Karena semakin jauh itulah, Bulan mengitari Bumi lebih lama. Apabila kondisinya terus berlangsung seperti itu, dalam waktu ratusan juta tahun ke depan, akhirnya Bumi dan Bulan akan sinkron. Artinya, saat hal itu terjadi, waktu satu hari di Bumi akan sama dengan putaran Bulan mengelilingi Bumi. Tidak heran, jika saat itu tiba bulan hanya akan tampak di satu wilayah Bumi.
READ MORE - Bumi Berotasi Semakin Lambat

Bakteri Mars Ditemukan di Meteorit Kuno

Ilmuwan menemukan fosil bakteri dalam sebuah meteorit kuno yang jatuh ke bumi dan menunjukkan pernah ada kehidupan di Mars 3,5 miliar tahun lalu. Fosil mereka ditemukan di dalam batu yang keluar dari Mars 16 juta tahun lalu ketika sistem solar sedang terbentuk.
“Bakteri Mars tiba di bumi dalam sebuah meteorit yang jatuh ke antartika 13.000 tahun lalu,” NASA percaya. Meterorit yang dinamakan Allen Hills 84001 jadi berita utama di 1996 setelah ditemukan fosil di dalam nya. Para ilmuwan percaya bahwa bakteri yang menyusup ke dalam batu tersebut berasal di bumi. Tetapi laporan NASA menyebutkan bahwa ada bukti kuat bakteri itu asli Mars, seperti yang dikutip dari Sun.
Editor UK Astronomy Now Dr Emily Baldwin mengatakan, “Banyak ilmuwan berargumen bahwa apa yang terlihat sebagai fosil di dalam meteorit tersebut disebabkan oleh ledakan, selayaknya dampak asteroid yang melempar batuan keluar Mars.” Tim NASA juga membuktikan bahwa ledakan tersebut tidak bisa terjadi dengan sendirinya.

“Jika mampu keluar dari wilayah Mars, makhluk hidup biologis tersebut tidak hidup sebelum 13000 tahun sebelum meteorit tersebut mendarat di Bumi, ini punya dampak terhadap pemahaman kita bagaimana kehidupan terbentuk dalam sistem solar,” tambah NASA.
Studi NASA yang dipimpin Kathie Thomas Keprta menemukan piringan karbon dan magnet kecil di dalam batu meteorit tersebut. Para ilmuwan meneliti dengan menggunakan mikroskop elektron resolusi tinggi yang tidak tersedia 13 tahun lalu.
Mereka menyimpulkan bahwa, “bahan kimia yang tidak biasa dan bentuk fisik di dalam meteorit terkait erat dengan piringan karbon tersebut.”
Oleh karena itu ada bukti bahwa ada air di Mars 3,5 miliar tahun yang lalu.
READ MORE - Bakteri Mars Ditemukan di Meteorit Kuno
There was an error in this gadget