Dec 31, 2009

Cara meminta Surat Rekomendasi

TANYA
Dear Milister,
Bagaimana cara meminta surat rekomendasi ke Kepala Kantor ya? Saya seorang PNS di Medan yang sedang kebingungan nih.
Soalnya saya pernah minta ke beliau,sepertinya dia seperti ketakutan(plin-plan) mau ngasih Rekomendasi. Apakah minta surat rekomendasi harus ada aturannya maksudnya diundangkan segala.Sehingga karena tidak ada aturannya beliau tidak responsif.

Malah saya disuruh untuk minta ke pusat(karena kantor saya dinas vertikal). Nah, kali ini kata kantor di pusat ini urusannya Kantor Regional. Letak tanggungjawabnya dimana ya? pusat atau Regional?
Tolong dong, bagaimana ngomongnya supaya dia mau merekomendasikan saya. Saya PNS + CPNS udah 2 tahun ini.
Thanks
Deden
JAWAB
1. Sebagian bos2 itu
saking sibuknya atau ntah gimana
malah kita yang bikin draft surat rekomendasi
nanti bos2 itu tinggal tanda tangan :)
*pengalaman di kantor saya*
2. sori nih, balik nanya
sebelumnya, pernah ada senior yang minta rekomendasi gag?
harusnya sih ada … nah, tanya aja pengalaman si senior
3. bisa jadi kepala kantor ente orang baru
ngomong aja terus terang
saya butuh rekomendasi bapak untuk apply beasiswa ini itu
Luthfi Assadad
Dear Deden,
Menurut pengalaman saya yang belakangan ini meminta rekomendasi ke atasan saya (tingkat Eselon II – saya kebetulan PNS juga di pusat), tidak ada hambatan secara hukum, kalo yang anda tanyakan masalah diundangkan ato tidaknya. jadi permintaan rekomendasi itu sifatnya personal, kecuali untuk beasiswa yang sifatnya kedinasan (G to G)seperti ADS misalnya.
Jadi saran saya, mungkin anda bisa melakukan pendekatan lebih ke atasan anda. karena walaupun tingkatnya Kantor Dinas, tidak akan menjadi masalah, karena biasanya pemberi rekomendasi akan meminta rekomendasi dari atasan yang mengenal anda secara langsung. jadi meminta rekomendasi ke atasan langsung ato di unit kerja merupakan langkah yang tepat. Dan sekali lagi, setau saya tidak ada batasan untuk memberikan rekomendasi bagi Kepala Kantor Dinas vertikal tempat anda bekerja.
Semua itu, menurut saya, kembali lagi kepada pripadi pimpinan apakah memberikan dukungan positif bagi stafnya untuk meraih pendidikan lebih tinggi.
Demikian saran saya, semoga membantu.
Salam,
Adhi

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment