Apr 6, 2010

10 Wordpress Plugin Terbaik Untuk Blog Anda

10 Wordpress Plugin Terbaik Untuk Blog Anda


Sudah banyak yang mengakui keampuhan blog dengan platform wordpress.org dalam menjalin "persahabatan" dengan om Google. hal ini tak lepas dari plugin-pluginnya yang powerful dan tidak terlalu sulit untuk memasangnya. Plugin-plugin ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja atau fungsi dari suatu blog. Tentu saja banyak sekali plugin yang bertebaran di dunia internet yang memiliki fungsi bermacam-macam.
Disini saya ingin membahas beberapa plugin yang berguna untuk dipakai dalam blog pribadi. tentu saja ada sedikit perbedaan plugin yang dipakai untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan bisnis. Jadi disini saya ingin berbagi beberapa plugin yang cukup powerful untuk meningkatkan kinerja blog wordpress pribadi anda.
1. All in one seo pack
ini adalah plugin seo yang sangat direkomendasikan oleh seluruh pakar blog, hampir semua blogger yang membahas plugin terbaik menyertakan all in one seo pack dalam tulisannya. all in one seo pack adalah plugin yang powerful untuk kepentingan SEO. plugin ini dapat membantu kita untuk membuat blog kita seo friendly, seperti mensetting blog title, generate keyword, meta description, dll. tentunya ini akan memudahkan kita untuk membuat blog yang seo friendly.
2. Akismet atau peter’s custom anti spam
tujuan dari plugin ini adalah untuk mencegah spam comment dalam blog kita. kedua plugin ini memiliki cara kerja yang berbeda. akismet adalah plugin antispam bawaan wordpress, cara kerjanya adalah ia langsung memblok comment-comment yang kira-kira berpotensi spam. sedangkan peter’s custom anti spam bekerja dengan cara menambahkan tulisan captcha dalam comment box yang ada dalam setiap postingan, captcha ini dapat kita atur sesuka kita.
3. Google xml sitemap generator
plugin ini bekerja untuk membuat file sitemap.xml yang berfungsi untuk membantu google mengindex blog kita. tentunya ketika google mudah mengindex blog kita, semakin banyak pula pengunjung blog kita yang masuk lewat search engine google. tetapi ternyata walaupun namanya google xml sitemap generator, sitemap generator ini juga dapat digunakan untuk membantu yahoo dan bing untuk mengindex blog kita.

4. Luxboy smiley

luxboy smiley ini adalah plugin buatan hermawan kertajaya yang berfungsi untuk membuat icon lucu dalam setiap komen. dengan plugin ini ada beberapa pilihan icon yang bisa kita gunakan untuk meng-ekspresikan komen yang orang lain buat.
5. Maxblogpress ping optimizer
plugin maxblogpress ping optimizer ini berfungsi untuk melakukan ping setiap kali kita mengupdate blog kita. bisa ketika kita memposting sesuatu, atau membuat perubahan dalam blog kita. ketika kita melakukan update, plugin ini langsung melakukan ping ke beberapa ping service yang ada sehingga memudahkan kerja kita dalam melakukan ping otomatis.
6. Seo smart links
anda pernah membuka wikipedia? jika ya anda pasti selalu melihat setiap postingan itu dibuat interlink dengan postingan lain. nah fungsi plugin seo automatic link ini serupa dengan fungsi dalam wikipedia tersebut, jadi nanti plugin ini akan men-generate link secara otomatis ke postingan kita yang lain apabila ada kata kunci yang sama. kata-kata yang digunakan untuk membuat link dapat kita atur dan jumlah link dalam setiap post pun dapat kita atur.
7. Similar posts
dari namanya, plugin ini akan men-generate postingan yang “mirip” dengan postingan yang kita buat, maksudnya? maksudnya nanti di setiap postingan yang kita buat kita dapat memasang link ke postingan kita yang lain, contohnya postingan yang satu kategori atau satu tag. biasanya adanya link ke postingan kita yang lain dapat meningkatkan page view blog kita.
8. wp-pagenavi
wp-pagenavi berfungsi untuk membuat halaman-halaman dalam index blog kita. jadi jika kita men-setting halaman index kita terdiri atas 5 postingan, maka postingan ke-6 dan selanjutnya akan ditampilkan di halaman berikutnya. dengan wp-pagenavi ini memudahkan kita untuk langsung loncat ke halaman yang kita inginkan tanpa harus membuka satu per satu halaman selanjutnya.
9. wp-reciprocal link
dari namanya tentu plugin ini dibuat untuk kepentingan link exchange. jadi jika anda ingin membuat link exchange dengan orang lain, orang lain tidak perlu susah-susah menghubungi email anda, orang lain tinggal mengisi form yang tersedia, nanti anda tinggal meng-approve link exchange request tersebut.
10. wp-cumulus
plugin ini sebenarnya tidak terlalu powerful dalam fungsi, tetapi cukup bagus untuk mempercantik interface blog kita. jika di sidebar blog ini anda melihat tampilan tag yang dibuat dinamis, maka itu adalah tampilan dari plugin wp-cumulus ini. cukup lumayan kan?
Demikianlah daftar beberapa plugin wordpress yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja blog wordpress Anda. Semoga bermanfaat!!
sumber : http://indrapermana.com

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget