Apr 14, 2010

Tips Sehat - Bagaimana Menghambat Proses Penuaan

Tips Sehat - Bagaimana Menghambat Proses Penuaan



Proses penuaan mungkin sesuatu yang tak diinginkan oleh setiap orang. Kenapa, karena setiap orang ingin selalu tampil bugar, aktif dan terlihat tampan/cantik. Tapi masalahnya tak seorang pun dapat menghentikan proses penuaan. Siklus ini ditandai dengan tahap-tahap menurunnya berbagai fungsi organ tubuh. Misal pada penglihatan, pendengaran, pencernaan, pernapasan dan pembuluh darah.
Proses ini paling jelas terlihat pada perubahan kulit yang semula kencang kemudian menjadi berkerut-kerut. Hal ini terjadi karena kelenjar pelumas dan daya elastisitas dari serabut kulit mulai berkurang. Kerut-kerut penuaan ini akan jelas terlihat pada daerah sekitar mata, pipi, leher dan tangan. Pada kebanyakan perempuan terjadi menopause disusul dengan menurunnya produksi hormon estrogen. Pada proses ini kulit dan jaringan lain akan menipis dan tidak lentur lagi. Juga akan muncul uban pada rambut.

Banyak cara ditempuh untuk menghambat laju proses penuaan, dari cara fisik, mental, sosial dan spiritual sehingga fungsi organ-organ tubuh dapat bertahan lebih lama.
Terapi herbal dapat dilakukan untuk menahan laju proses penuaan. Salah satu racikan alternatif yang disampaikan herbalis Bambang Sudewo adalah berbahan 30 gram bayam, 30 gram seledri, 30 gram wortel, 30 gram lidah buaya, 20 gram jamur tiram. Seluruh bahan dicuci bersih, diiris-iris atau dirajang, kemudian direbus dengan 4 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum 2 kali sehari setelah makan.
Atau dengan jus buah dan sayuran yang bahannya terdiri 40 gram alpukat, 20 gram tomat, 30 gram apel, 20 gram rumput laut. Seluruh bahan diblender dengan setengah gelas air bersih, hasilnya diminum pada pagi hari sebelum makan.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget