Nexus One Google Mencatut Karya Novel
Putri Philip K Dick, penulis serial film Blade Runner, menuntut Google karena telah mencatut nama salah satu karakter dalam karya novel ayahnya untuk ponsel terbaru mereka.
Isa Dick Hackett, putri dari Philip K Dick mengklaim, nama Nexus One mirip dengan nama salah satu kelompok robot android dalam film berjudul 'Replicant' yaitu Nexus-6.
Karya film tersebut diangkat dari novel fiksi ilmiah karya Philip K Dick berjudul 'Do Android's Dream of Electric Sheep?'. Hackett yang kini menjadi menjadi direktur pengelola lisensi hak cipta karya ayahnya merasakan ada banyak kesamaan antara produk Google dengan karya novel ayahnya. Entah disengaja atau memang suatu kebetulan, ponsel Nexus One Google seperti diketahui dijalankan di atas sistem operasi yang dinamakan Android.
"Terdapat banyak keterhubungan yang sangat jelas antara nama ponsel tersebut dengan kisah dalam novel ayah saya," kata Hackett seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (8/1/2010).
"Antara Google dan pihak Dick tidak pernah ada konsultasi dan kami pun tidak menerima pengajuan izin penggunaan nama tersebut dan Google dengan sukses mendapatkan paten nama tersebut dari Patent and Trademark Office AS pada pertengahan Desember," tambahnya.
Namun pada pekan ini, selang satu hari setelah peluncuran ponsel Nexus One, pihak Dick melayangkan surat teguran pada Google untuk tidak menggunakan nama tersebut.
Sementara itu, Google membantah bahwa produknya berkaitan dengan karya Dick. Mereka menyebutkan nama itu merupakan hasil temuan mereka yang terpikirkan begitu saja.