Dec 2, 2009

BMW Akan Produksi MINI Bermesin Diesel Turbo

 Divisi Pengembangan Bayerische Motoren Werke (BMW) saat ini tengah mengembangkan generasi terbaru MINI, mobil produksi pabrikan Inggris, versi mesin diesel turbo. Kamis (26/11), pabrikan itu memberikan bocoran ihwal profil mobil yang berukuran mini tersebut.
MINI Seperti dikutip worldcarfans sumber di MINI menyebut, versi diesel mobil yang mulai diproduksi 1956 itu, lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya yang bermesin bensin.
Disebutkan, Divisi Pengembangan BMW akan memproduksi dalam dua model yaitu MINI One D dan Cooper D.
Seperti halnya model knalpot MINI Cooper S dan MINI John Cooper, knalpot ganda generasi terbaru MINI itu terletak berdempetan di bagain tengah buritan. Dibanding generasi sebelumnya yang bermesin diesel, MINI Diesel turbo ini memiliki kekhasan berupa suara khas mesin disel.
Perbedaan mencolok lainnya adalah, bemper depan yang terlihat lebih manis dan sporty. Bahkan, beberapa prototipe bagian atas kap mesinnya terdapat tonjolan, sementara model lain terlihat rata. Namun, sumber di BMW tidak memberikan rincian secara pasti tentang mesin MINI disel turbo tersebut.
Dia hanya menyebut bahwa daya mesin tersebut berada pada 140 hingga 150 daya kuda, dengan torsi maksimum yang bisa dicapai sebesar 300 Newton Meter (Nm). Ini berarti antara mesin Cooper D dan Cooper S. Sekadar diketahui, MINI Cooper S bermesin bensin dibekali mesin 1.600 cc turbo ganda, mampu menghasilkan tenaga hingga 172 daya kuda serta torsi maksimum 240 Nm.
Sementara MINI One D memiliki daya hingga 90 daya kuda dengan torsi maksimum 215 Nm. Sedangkan mesin Cooper D mampu menghasilkan tenaga 110 daya kuda dengan torsi maksimum 240 Nm. BMW juga belum memberikan bocoran kapan persisnya MINI versi diesel turbo itu akan diproduksi secara massal.
Begitu pun dengan harga. Namun, seperti dikutip autoworld sumber itu mengisyaratkan tidak lama lagi. "Kami tidak ingin konsumen menunggu terlalu lama" ujarnya.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget