Dec 9, 2009

Selandia Baru Negara Juara I Anti Korupsi

Menyambut hari anti korupsi mungkin selayaknya "piala" anti korupsi itu diserahkan untuk Selandia Baru. Negara ini bisa dikatakan negara paling bersih dan jujur di dunia.
Mereka bahkan nyaris tidak pernah mendengar kata "korupsi". Di Selandia Baru, tidak ada orang yang mau mengambil apa yang bukan haknya, dan mereka samasekali tidak pernah punya pikiran seperti itu.
Kalau selama ini kita mengenal Singapura sebagai negara yang sangat bersih dan bebas korupsi, maka Selandia Baru lebih bersih lagi. Dalam ranking Transparancy Internasional 2009, index Selandia Baru adalah 9.4(super bersih), nomor 2 adalah Denmark dengan 9.3, dan Singapura 9,2.
Indonesia, nilainya hanya 2,8 di tahun 2009 ini dan peringkatnya ada di level 111. Ini berarti ada perbaikan dari tahun sebelumnya yang nilainya cuma 2.6. Tapi Indonesia masih tetap sukses sebagai bangsa terkorup di dunia. Kita bahkan lebih korup dari Nigeria (106), Gambia (sama juga, 106), Gabon (106), Srilanka (97), Rwanda (89).
KENAPA YA?
Di Selandia Baru, mereka senang hidup jujur dan tidak ada orang yang mau mengambil yang bukan haknya. Kenapa bisa begitu? Mungkin bukan sekedar karena mereka "udah dari sononye" malu mengambil yang bukan haknya, tapi karena nilai-nilai kebaikan hati berhasil ditanamkan dengan baik.
Mereka bekerja dengan baik sehingga sukses, mereka mensyukuri hidup mereka, dan mereka berpikir bahwa hidup itu adalah untuk menjadi orang baik, dan memberi manfaat pada orang lain. Selain itu, sistemnya juga tertata sangat baik dan rapi sehingga tidak ada yang bisa, dan tidak ada yang perlu korupsi.
Bagaimana dengan kita Indonesia? Mari kita mulai dari diri sendiri sebelum mengkritik orang lain.Biasakan saling menasehati dengan bijak bukan dengan saling menghina.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget