Dec 9, 2009

Pembuatan Film Nabi Muhammad SAW Menghabiskan 150 Juta Dollar

Pasca serangan 11 September 2001 membuat citra islam di dunia barat menjadi buruk(wlaupun sebenarnya prstwa tu mnurut sya adlah konspirasi. Itu dalih amerika untuk membenarkan serangan thd Taliban dn mndptkan dukungan dunia). Dan katanya rencana pembuatan film nabi Muhammad SAW yang akan diproduseri oleh Barrie Osborne ini diharapkan nantinya dapat memperbaiki image buruk tentang islam. Barrie Osborne adalah produser yang pernah menggarap film-film laris seperti The Lord of The Rings dan The Matrix.
Film tentang Nabi Muhammad itu akan dibuat dalam dialog bahasa Inggris, dan direncanakan akan menghabiskan dana US $ 150juta. Alnoor Holdings, perusahaan media dan hiburan asal Qatar yang akan mendanai film itu, mengatakan bahwa pembuatan film tentang Nabi Muhamamd itu akan dimulai 2011 dan diproduseri Barrie Osborne.
Rencana pembuatan film itu masih dalam tahap pembicaraan antara Alnoor dengan pihak studio, agensi artis, serta distributor film di Amrerika Serikat dan Inggris.
Wakil Direktur bidang proyek internasional Alnoor, Raja Sharif, dalam wawancara dengan REUTERS via telefon mnyatakan, dirinya berharap kesepakatan pembuatan film itu bisa dilakukan tahun depan. Menurutnya, Alnoor tidak tertarik dengan studio besar. Sebab, sasarannya adalah target distribusi, agen penjualan dan kemudahan-kemudahan produksi maupun paska produksi. Alnoor menginginkan pemilik bakat terbaik bakal membintangi film itu.
Produser kondang Barry Osborne, seperti diberitakan REUTERS, mengatakan bahwa film tentang Nabi itu akan menjadi produk kisah epik internasional yang ditujukan sebagai jembatan budaya. "Film ini akan mendidik orang-orang tentang makna Islam yang sebenarnya," ujar Osborne.
Meski bakal diproduseri orang Amerika, namun jangan harap dalam film itu sosok Nabi Muhammad akan dimunculkan. Sesuai aturan Islam, Nabi memang tidak akan digambarkan.
Alnoor, perusahaan Qatar yang didirikan tahun ini untuk menggarap keuntungan dari sektor hiburan, memfokuskan diri pada produksi film, produksi dan film animasi tentang Arab, dan ingin mengakuisisi aset industri film di AS maupun Ingris.
Qatar yang dikenal sebagai pengekspor gas alam cair terbesar di dunia, berambisi menjadikan wilayahnya sebagai pusat bidaya. Awal pekan ini, Qatar menggelar Tribeca Doha Film Festival yang dihadiri para pembuat film, bintang film, agensi, serta distributor berskala rekgional maupun internasional
Sementara Oscar Zoghbi, produser film seri Hollywood, Halloween, sebelumnya tengah mempersiapkan film terbaru yakni tentang kelahiran Islam. Rencana itu diungkapkan oleh Oscar di Dubai.
"The Messenger of Peace" atau Utusan Perdamaian, begitu judul film tersebut akan menggunakan kota Mekkah dan Madinah sebagai seting. Film terbaru Oscar ini adalah daur ulang film besutan Moustapha Akkad yang dibuat pada tahun 1977 di Hollywood dengan bintang Anthony Quinn yang memerankan paman Nabi Muhammad, yakni Hamzah.
Sang produser, yang juga terlibat dalam penggarapan versi orisinal berkata-seperti yang dilansir oleh Telegraph.co.uk, "Kami hanya menghormati karya Akkad, namun teknologi di dunia sinema semakin canggih sejak 1970-an, dan proyek terbaru ini akan menggunakan teknik film modern dan pembaharuan dalam inti pesan film pertama,"
Hajja Subhia Abu Elheja, produser eksekutif film itu berkata pula, " Sejak 11 September, imej Islam sangat begitu terpuruk," "Kini, lebih dari yang dulu, film akan bertujuan menjadi jembatan antara jurang pemahaman antara Muslim dan non-Muslim," ujar Hajja.
"Itu menunjukkan jika hanya satu film sejarah besar Islam yang pernah dibuat, agama dengan 1,5 milyar pengikut, dimana Nasrani selalu menjadi subjek selama lebih 30 tahun," tambah Hajja.
Penulis skenarion, Ramsey Thomas juga berpendapat, "Dalam abad ke-21 ini ada kebutuhan nyata terhadap film yang melibatkan emosi penonton tentang perjalanan kelahiran Islam,"
Dalam versi asli The Message, Nabi Muhammad tidak terlihat atau terdengar, sebagai gantinya, sutradara kala itu, Akkad menandai kehadiran Nabi dengan cahaya dan musik organ, atau menunjukkan adegan film berdasar sudut penglihatan Sang Nabi.
Dua versi film tersebut dulu dibuat dalam dua versi bahasa Arab dan Inggris. Film daur ulang itu menjadi film berbahasa Inggris kedua-satu-satunya dari genre sejenis-yang pernah dibuat.
Akkad yang juga menjadi produser eksekutif dibalik film horor, Halloween, terbunuh dalam serangan bom bunuh diri dalam sebuah hotel mewah di Jordan tahun 2005.
Rencana tersebut kontan saja mendapat sambutan hangat dari umat Muslim, dianggap sebagai contoh bagaimana sinema Barat cenderung komersial dapat menghormati Islam.
Penggambaran Nabi Muhammad beberapa kali menimbulkan kemarahan di tahun-tahun terakhir, dimulai warga Denmark yang membuat kartun gambar nabi di tahun 2006 yang memicu protes dari Muslim di banyak negara.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget