Dec 27, 2009

Arab Saudi Membangun Kampus Tercanggih dan Komputer Tercepat di Timur Tengah

Web Hosting
Bulan Semptember 2009 kemarin, pemerintah Arab Saudi resmi membuka King Abdullah University of Science and Technology (KAUST).
Universitas teknologi ini menjadi universitas tercanggih di Timur Tengah.

Universitas ini menerima pengajar dan peserta didik dari seluruh dunia.
Merupakan satu-satunya kampus berbasis teknologi paling lengkap dan tercanggih di wilayah Timur Tengah
KAUST adalah sebuah universitas berskala internasional berbasis riset di bidang sains dan teknologi, didedikasikan untuk memberikan inspirasi pada era baru pencapaian ilmiah dalam Kerajaan yang juga akan bermanfaat bagi kawasan dan dunia.
KAUST terealisasi dari visi jangka panjang Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Abdullah Bin Abdul-Aziz Al-Saud.
Kampus utama terletak di lahan dengan luas lebih dari 36kilometer persegi di daerah Thuwal di sepanjang Laut Merah - sekitar 80 kilometer sebelah utara Jeddah, kota terbesar kedua di Kerajaan Arab Saudi.
Shaheen

KAUST bekerja sama dengan raksasa komputer IBM, merilis proyek untuk membangun komputer super dengan kemampuan 222 triliun kalkulasi per detik.
Shaheen, itulah nama super komputer itu, direncakan menjadi yang komputer paling canggih di kawasan Timur Tengah. Menurut Majid Al-Ghaslan selaku CIO KAUST, super komputer ini akan membantu menganalisis potensi energi minyak yang bertebaran di negara itu.
Shaheen berasal dari bahasa Arab untuk sejenis burung elang yang terkenal karena kecepatan terbangnya.
Dengan komputer super Shaheen ini, Arab Saudi bakal masuk di jajaran elit negara-negara di dunia yang punya komputer dengan kapabilitas teraflop.
Bahkan Shaheen katanya akan terus dikembangkan sehingga bisa mencapai jutaan triliun kalkulasi per detik dalam beberapa tahun ke depan yang dapat menangani 185,17 teraflops.
Semoga usaha yang dilakukan Kerajaan Arab Saudi ini akan mewujudkan tersebarnya kebaikan Islam. Selama ini, Saudi telah menyebarkan berbagai ilmu Islam ke seluruh dunia dengan menerbitkan dan mencetak mushaf Al-Quran dan berbagai buku Islam lainnya, menyumbangkannya ke seluruh dunia.
Bantuan yang diberikan Kerajaan ini kepada umat Islam di seluruh dunia sudah sangat banyak, dari bantuan kemanusiaan untuk korban bencana, bantuan pendirian Masjid di negara muslim maupun negara non muslim dan bantuan dana ke berbagai ormas Islam, walaupun kadang ternyata ormas Islam tersebut memusuhi Kerajaan.
Saudi juga telah memberikan banyak beasiswa untuk para pelajar dari seluruh dunia baik di bidang ilmu Islam maupun ilmu dunia. Semoga Allah menjadikan kita, umat Islam sebagai umat yang memberikan manfaat kebaikan bagi manusia dan seluruh alam. Karena Islam adalah rahmat, kebaikan dan kasih sayang untuk alam semesta.
Sumber: http://danangwirawan.wordpress.com/2009

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget