Feb 3, 2010

Magnesium Meningkatkan Kecerdasan Otak

Satu tips sehat buat Anda dan keluarga. Ternyata untuk meningkatkan kecerdasan otak dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan magnesium. Demikian kesimpulan yang didapat melalui penelitian pada tikus.

Dialah Professor Guosong Liu, dari Tsinghua University di Beijing, China menyebutkan, meningkatkan asupan magnesium merupakan strategi jitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan mendukung. Temuan ini juga mendukung dugaan selama ini bahwa kekurangan magnesium akan melemahkan fungsi kognitif.

"Magnesium sangat penting untuk memfungsikan banyak jaringan dalam tubuh, termasuk otak. Dalam studi sebelumnya, kami pernah membuktikan bahwa magnesium mendorong synaptic plasticity atau kemampuan berkoneksi diantara dua saraf pada sel otak," kata Liu, Times of India, Sabtu (30/1/2010).

Dalam studinya, Liu dan timnya mengembangkan senyawa magnesium bernama magnesium-L-threonate (MgT) yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar magnesium dalam otak, melalui suplemen diet. Mereka menggunakan MgT guna meningkatkan kadar magnesium pada  otak tikus berbagai usia dan mengamati perubahan perilaku mereka yang berhubungan dengan memori.

"Kami menemukan bahwa pertambahan kadar magnesium pada otak meningkatkan kinerja otak dalam berbagai bentuk pembelajaran dan kemampuan mengingat. Hal ini berlaku bagi tikus muda maupun tua," tambah Liu.

Adapun makanan dengan kadar magnesium tinggi banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan, buncis, sayuran berwarna hijau gelap, gandum murni dan seafood. Kebutuhan magnesium juga dapat dipenuhi dari konsumsi susu karena dalam setiap gelasnya terdapat sekira 34 miligram magnesium. Makanan dari kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai juga kaya akan magnesium.

Namun perlu diingat pula asupan magnesium tersebut jangan sampai melewati batas, terutama jika ingin mendapatkan tambahan magnesium melalui suplemen. Jika terlalu banyak, lebih dari 600 mg hal tersebut bisa menyebabkan diare.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget