Empat Aturan Makan Sehat
Bersikap pintar memilih makanan sehat akan memberikan sejuta manfaat bagi tubuh Anda. Tidak haya berfungsi mencegah penyakit, tapi membuat kulit, kuku, dan rambut Anda terlihat sehat.
Ingin menjaga tubuh senantiasa bugar? Berikut aturan makan sehat yang dilansir Carefair, Jumat (29/1/2010).
Cobalah sesuatu yang baru
Anda mungkin sering mendengar makanan kemasan yang mengandung gizi dan serat, tapi Anda tak yakin komposisi gizi dalam makanan tersebut atau cara pengolahannya. Jika demikian, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi menu baru setiap bulan. Seperti gandum atau kedelai yang dapat memberikan protein yang diperlukan tubuh atau sayuran yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Cara ini pun dapat membantu Anda menemukan hidangan favorit baru untuk seluruh keluarga.
Tambahkan gandum utuh
Mengonsumsi gandum juga memberikan beragam manfaat, karena gandum tinggi serat. Sehingga membantu Anda mencegah berbagai jenis penyakit, menurunkan kolesterol dan merasa kenyang lebih lama. Cara lain yang bagus untuk menambahkan porsi serat dalam makanan Anda adalah mengonsumsi sereal di pagi hari atau gandum bersama sup di malam hari.
Jangan lupakan sarapan pagi
Sebuah kesalahan besar yang sering dibuat pelaku diet adalah sarapan dengan harapan mengurangi kalori. Sayangnya, rencana ini dapat menjadi bumerang ketika Anda mengonsumsi makanan ringan bergula karena tingkat energi Anda telah menurun akibat kekurangan pasokan energi. Sarapan sehat yang paling penting di pagi hari, misalnya menikmati semangkuk sereal gandum, wafel gandum dengan buah segar, atau telur dan roti gandum.
Pilih makan bijak di siang hari
Fast food bisa menjadi salah satu menu yang dapat dinikmati di siang hari, tetapi Anda harus selektif memilih makanan yang tidak mengandung lemak dan kalori berlebihan. Pilihlah makanan sehat di konter makanan cepat saji, seperti salad dengan mayonise dalam porsi sedikit atau hamburger polos. Semakin cerdas Anda memilih makanan yang tepat, maka tubuh pun akan sehat.