Feb 10, 2010

Sejarah Blackberry

Anda pengguna BlackBerry atau mungkin pecandu BlackBerry? Sekedar berbagi ada baiknya Anda tahu bagaimana sejarah Blackberry. BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.

Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server

Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+).

BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAPmelalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomselhanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.

Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain. Kita lihat di televisi, para artis/selebritis sepertinya ga mau ketinggalan.

Coba perhatiin dech di senetron-senetron kalau ada adegan yang lagi nelpon atau ng~sms pasti si BB muncul hehe... lucu ya Indonesia. Nah sekarang ada lagi ponsel cerdas si Android punya om Google (tau kan!?-->tau sich tapi blom nyoba), katanya bentar lagi mau dipasarkan di Indonesia. Wah gimana donk, apakah BB akan akan bertahan atau akan dikalahkan Android. kita tunggu aja, n apakah Android menjadi lifestyle baru para selebritis/artis Indonesia. kita tunggu aja...(hehe...apa untungnya ya ditunggu?). Mudahan aja BB nya hilang. kan ga enak Bau Badan terus

 

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget