Jan 26, 2010

ATM Skimmer Dipasang Malam Hari

Kasus "hacking" rekening nasabah sejumlah bank di Bali bebarapa hari terakhir ini diduga karena alat skimmer dipasang pelaku malam hari di ATM yang minim pengawasannya. "Diduga pelaku memasang chip ke mulut ATM dan memasang alat pembobolan di ATM-ATM yang pengawasannya lemah seperti yang tidak ada CCTV dan tidak ada petugas pengamanannya," ujar Kapoltabes Denpasar Kombes Pol Gede Alit Widana saat jumpa pers di kantornya, Jl Gunung Sanghyang, Denpasar, Kamis (21/1/2010).
Pelaku diduga memasang alat tersebut pada malam hari. "Karena sekarang (malam hari) mereka memasang, besok dia sudah bisa beraksi," katanya.
Gede menambahkan, aksi tersebut melibatkan banyak orang. "Karena harus ada yang memasangkan chip, kemudian kamera pengintip, dan mengawasi dari komputer, serta membuat kartu ATM palsu," jelasnya.
Ketika disinggung adakah keterlibatan orang dalam, Gede hanya menyatakan semoga pihaknya mampu mengungkap kasus tersebut.
Korban yang melapor ke polisi hingga kini sudah 14 nasabah dari 3 bank, yaitu BCA, BNI, dan Bank Permata. Sedangkan untuk nasabah BII, BRI, dan Bank Mandiri, hingga kini belum ada yang melapor. Total kerugian dari 14 orang tersebut mencapai Rp 522.369 juta. Tips aman dari ATM skimmer.

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget