Jan 23, 2010

IPTEK | Facebook Bangun Data Center Senilai USD18 Juta

"Kemungkinan kami akan bangun di Prineville karena banyak hal yang mendukung, seperti keadaan iklim dan lingkungan untuk penggunaan sumber tenaga terbarukan. Namun begitu, kami masih harus melakukan preview terlebih dahulu,"

 
Situs jejaring sosial Facebook diberitakan akan membangun data center yang akan mendukung kinerja situs jejaring sosial terbesar di dunia itu. Untuk membangun, Facebook harus merogoh kocek hingga USD18 juta.
Dilansir melalui Biz Journal, Jumat (22/1/2010), pihak Facebook ternyata tidak membantah hal ini. Mereka menyatakan memang akan membangun sebuah data center di Prineville, dengan menghabiskan wilayah sebanyak 147.000 meter persegi.
Facebook Bangun Data Center Senilai USD18 Juta"Kemungkinan kami akan bangun di Prineville karena banyak hal yang mendukung, seperti keadaan iklim dan lingkungan untuk penggunaan sumber tenaga terbarukan. Namun begitu, kami masih harus melakukan preview terlebih dahulu," ujar Direktur Operasional Facebook, Tom Furlong.
Jika berhasil dibangun, ini merupakan data center pertama yang dimiliki perusahaan Mark Zuckerberg itu. Nantinya, data center itu akan menjadi tempat penyimpanan dan penghantar informasi yang diposting oleh 350 juta pengguna Facebook.
Nantinya, data center ini akan membutuhkan sekira 200 orang pekerja selama 12 bulan pada masa konstruksi, dan tambahan 35 orang pekerja full-time ketika data center ini telah resmi beroperasi.
Selain mengandalkan proses pendinginan server melalui iklim di Prineville, Facebook juga akan menggunakan teknologi manajemen cooling power yang inovatif untuk membuat asupan energi se-efisien mungkin. Bahkan Facebook berencana menjadi data center tersebut sebagai yang paling efisien di Amerika.
Meraih Leadership in Energy and Enviromental Design merupakan target yang akan dilakukan Facebook dalam beberapa tahun ke depan.
source : http://news.id.msn.com

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget