Mar 9, 2010

Lebih Baik Hosting Sendiri atau Blogspot?

Saya sering membaca para blogger menulis bahwa blog/situs dengan hosting pribadi(self hosting) akan lebih bersahabat dengan search engine.Katanya sih karena mereka bayar hosting,jadi logikanya mereka juga serius ngblog daripada yg hosting gratisan. Benarkah?Bagaimana kalau dengan blogspot yang notabene punya Google. Sebenarnya apa sih keuntungan self hosting dibanding blogspot? Tentu dengan self hosting kita lebih leluasa. Ibaratnya kita sudah memiliki rumah sendiri tidak ngontrak lagi . Namun dalam urusan SEO belum terlalu yakin apakah SEO untuk self hosting bisa menyamai blogspot dalam tempo yang sama.
Biar lebih gamblang lagi saya akan beber dengan contoh kasus saya sendiri. 2 buah blog saya yang memiliki niche yang sama, satu self hosting dan yang satu lagi nitip di blogspot. ternyata dalam urusan SEO blogspot lebih maknyus. Untuk blogspot tidak perlu urusan SEO yang ribet tapi sudah bisa nangkring di halaman muka SERP Google sesuai dengan keyword yang saya inginkan. Tidak halnya dengan self hosting. Visitor dari search engine Google belum terlalu menampakkan batang hidungnya.
Ini alasan kenapa saya bisa menghasilkan $120/day dengan blogspot. Untuk urusan SEO self hosting spertinya saya harus belajar lagi dengan bocah yang satu ini.
Tidak mudah ternyata mengelola blog dengan self hosting. Apalagi blog tersebut untuk dimonetize. Tapi kata guru jangan menyerah karena orang yang tidak bisa dikalahkan adalah orang yang tidak pernah menyerah. Terakhir jangan lupa berdoa dan berserah diri padaNYA.
sumber: jepun131.com

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment