Mar 29, 2010

Taksi Robot Masa Depan - Sebuah Solusi Kemacetan?

Taksi Robot Masa Depan - Sebuah Solusi Kemacetan?

Seorang desainer industri Kubik Petr baru-baru ini menciptakan Robot Taxi (taksi robot). Taksi futuristik ini hanya bisa ditumpangi dua orang saja tanpa bantuan supir. Penumpang cukup memberikan alamat yang dituju di sebuah layar sentuh yang ada di dalamnya. Secara otomatis taksi ini akan membawa penumpang ke alamat tujuan yang diminta.
Sayangnya mobil konsep Robot Taxi ini juga tidak memungkinkan penumpang membawa koper atau barang-barang besar karena penumpang hanya bisa membawa tas saja karena hanya bisa ditaruh di bagian dalam kabin. Taksi ini hanya memiliki dua bagian saja, yaitu undercarriage dan kabin. Taksi ini memiliki dua motor elektrik yang terintegrasi ke dua roda.
Meski tanpa sopir, taksi ini bisa melaju hingga 90 km per jam dan mempunyai daya jelajah sampai 20 jam untuk satu kali isi ulang baterai (recharge). Operator ini memberikan sinyal kepada taksi terdekat untuk menjemput penumpang yang sudah memesan lewat telpon atau layanan pesan singkat (sms).
Bagaimana jika robot taksi ini benar-benar direalisasikan menjadi pengganti taksi yang selama ini kita gunakan. Tentu masalah sosial seperti PHK besar-besaran jika perusahaan taksi di dunia berpindah pilihan. Tapi dampak positifnya tentu hal ini akan mengurangi kemacetan karena memiliki jalur sendiri, hemat tempat karena mungil, mengurangi polusi udara dan tentu lebih cepat nyampainya.
Anda setuju ??

Ada Baiknya Dibaca



No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget